Ada Potensi Jambu Kristal Di Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam

Written By Unknown on Kamis, 18 Agustus 2016 | 23.22.00

Gayam - Jambu Kristal merupakan salah satu potensi desa yang dimiliki oleh Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Jambu Kristal milik Eri Gunawan atau akrab di panggil Pak Er ini merupakan salah seorang warga Desa Ringintunggal, ia memulai menanam jambu kristal sejak tahun 2014 lalu. Awalnya ia mendapatkan bibit jambu kristal dari saudara dekatnya yang bersasal dari Dinas Pertanian Mojokerto, kemudian seiring berkembangnya waktu Pak Er  membeli 100 pohon stek dengan harga Rp 35.000 per batangnya. Dalam waktu satu tahun terakhir telah menghasilkan 200 bibit. Dalam waktu 3 tahun, Pak Er telah memiliki 80 pohon.

Produk yang dijual belikan oleh Pak Er antara lain cangkok tumbuhan jambu kristal dan buah jambu kristal tersebut. Jambu kristal ini dijual dengan harga Rp 20.000,00 (dua puluh ribu) per kilogram Jenis usaha ini merupakan perkebunan jambu ramah lingkungan. Selain itu, pengolahaannya tidak sulit. Penanaman dan pemanenan dilakukan dengan mesin sedangkan pupuk diproduksi oleh Bapak Eri Gunawan sendiri. Untuk masa produksi jambu kristal ini sekitar 4 (empat) hingga 8 (delapan) bulan.

Jenis usaha jambu kristal ini sangat menguntungkan. Sebab dalam waktu 2 bulan saja buahnya telah ranum dan dapat dipanen. Jenis buahnya pun cocok ditanam pada daerah panas. Sebab semakin panas suhu udaranya, maka rasanya semakin manis. Perawatannya pun terbilang mudah. Tunas buah yang berumur 1 minggu langsung dibungkus dengan kertas dan plastik bening supaya suhu buah tetap dingin. Selain itu pula, ujung daunnya dipotong setiap beberapa hari agar batang pohonnya selalu tumbuh ke atas.

Kendala dalam produksi jambu Kristal ini yaitu sertifikasi pertanian atau perkebunan yang sangat mahal, harga sertifikatnya mencapai Rp 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah) per tahun dan harus diperbaharui setiap tahun, lalu perubahan musim yang memberikan pengaruh pada rasa jambu Kristal sendiri. Semakin panas suhu udaranya, maka jambu Kristal semakin manis. Sebaliknya jika sering hujan dan kondisi lahan basah, makanya rasanya menjadi hambar. Selain itu pula, produksi jambu Kristal ini masih terbatas sebab di Bojonegoro, hanya Pak Er yang menanam langsung. Produk jambu kristal yang terbatas ini pula membuat sulitnya pembuatan produk olahan. Sebab produk olahan membutuhkan bahan asal jambu kristal dalam jumlah banyak.

Hingga saat ini jangkauan pemasaran telah mencapai sebagian Kecamatan Gayam, Kecamatan Kalitidu, dan Kecamatan Purwosari. Akan tetapi, sebagian besar pembeli Pak Er adalah orang-perorangan yang datang langsung ke rumah. Pemesanan jambu kristal ini dapat dilakukan dengan menghubungi nomor handphone Pak Er 085204609163

Ditulis Oleh : Unknown ~PKK Kecamatan Gayam

PKK Kecamatan Gayam Anda sedang membaca artikel berjudul Ada Potensi Jambu Kristal Di Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam yang ditulis oleh PKK Kecamatan Gayam Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Blog, Updated at: 23.22.00

0 komentar:

Posting Komentar